BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, April 28, 2011

Jenis penipuan di internet dan cara mengatasinya

Jenis-jenis Scam penipuan di Internet :

1. Nigeria Scam
Penipuan dengan modus orang kaya yang membutuhkan bantuan kita untuk memindahkan uangnya yang jumlahnya jutaan dollar, dia menjanjikan persentase dari nilai uang tersebut karena telah membantunya memindahkan uangnya dari negara domisilinya.
Modus : kiriman email disertai attachment visa / pasport

2. Foreign Lottery Scam
Pengumuman via email bahwa anda mendapatkan hadiah lotere ataupun undian sebesar sejumlah uang dari undian asing di negara lain.
Modus : informasi by email disertai nama contact person dan nomor telepon fiktif

3.Secret Shopper Scam
Advertiser atau pengiklan yang mencari pelanggan / applicants yang akan dibayar sebagai "secret" atau pembeli "misterius"
Modus : tawaran dari suatu pengiklan untuk bekerja sama dengan anda

4.Work at Home Scam
Pengiklan menawarkan kit ataupun modul yang memungkinkan orang rumahan untuk membuat link posting uang di internet.
Modus : tawaran modul mesin uang otomatis dari suatu website, cara mudah mendapat uang dll

5.Family Member distress Scam
Scammer yang berkedok sebagai anggota keluarga yang berpura-pura sedang membutuhkan uang karena ada yang sakit atau derita lainnya dan sedang membutuhkan uang.
Modus : mengaku seorang family by email kepada calon korban

6. Pelayanan Dengan Akses Internet: Uang gratis, mudah mencairkan cek.
Para konsumen yang terjebak dengan perjanjian kontrak dari akses internet atau layanan web lainnya, para konsumen harus membayar denda jika membatalkan perjanjiannya.

7. Penipuan Kartu Kredit.
Surfing di Internet dan melihat adult images online yang gratis, hanya memperlihatkan kartu kredit anda untuk meyakinkan bahwa umur anda di atas 18 tahun. Promotor yang curang menggunakan nomor kartu kredit mereka untuk menaikkan tagihan kartu kreditnya.

8.International Modem Dialing.
Mendapatkan akses gratis untuk adult material dan pornografi dengan mendownload sebuah “viewer” atau “dialer” program komputer. Para konsumen komplain karena banyak sambungan jarak jauh di dalam tagihan telepon mereka. Dengan menggunakan sebuah program, modem mereka terputus hubungannya lalu tersambung lagi ke internet memakai nomor sambungan jarak jauh internasional.

9. Kejahatan Web.
Mendapatkan custom designed website gratis untuk masa trial 30 hari dengan tidak ada obligasi untuk melanjutkan. Para konsumen mendapat surat hutang di dalam tagihan telepon mereka walaupun mereka tidak pernah mengambil penawaran ataupun menyetujui perpanjangan layanan sesudah masa trial.

10. Multilevel Marketing Plans /Pyramids.
Mendapatkan uang dengan cara menjual produk atau layanan kepada orang yang anda ajak bergabung dalam program ini. Para konsumen mengaku mereka membelinya melalui program itu, tetapi para konsumen itu sebenarnya adalah distributor lain, bukan masyarakt publik

11. Travel dan Liburan:
Mendapatkan sebuah perjalan mewah dengan banyak diskon pada biaya perjalanan. Perusahaan mengirinkan akomodasi dengan kualitas rendah dan pelaynan yang tidak sesuai dengan iklan, tidak mendapatkan seluruh perjalanan. Pembebanan tagihan tersembunyi lainnya atau persyaratan tambahan saat konsumen membayar.

12. Kesempatan bisnis: 
Bergabung dengan janji potensi pendapatan, banyak konsumen telah menginvestasikan dengan modal kecil dan keluar menjadi berlipat ganda. Tidak ada bukti untuk mengembalikan tuntutan pendapatan.


13. Penanaman Saham:
Menanam saham pada sebuah system perdagangan dan anda akan mendapatkan kembali saham anda dengan jumlah yang banyak. Tetapi keuntungan yang besar selalu berarti risiko yang besar. Para konsumen telah kehilangan uang untuk program yang mereka ikuti dengan kemampuan prediksi pasar dengan 100 % ketepatan.

14. Produk /pelayan Kesehatan:
Mengklaim sebuah produk “ajaib” dan dengan janji yang meyakinkan para konsumen bahwa masalah kesehatan mereka dapat disembuhkan. Tetapi dengan penyakit kronis yang menaruh harapan mereka pada tawaran ini, penyembuhan yang mereka butuhkan mungkin tertunda.



Mengatasi penipuan di internet

Dengan adanya internet membuat kita lebih mudah berkomunikasi dan lebih mudah dalam memasarkan usaha. Namun tak jarang pula diantara kita tertipu dengan transakasi melalui internet.
Berikut ini ada cara  sederhana untuk menghindari penipuan ini.
1).  sebelum anda order baik itu hosting, domain, penjualan ebook, training atau apapun juga, coba untuk calling dahulu nomor telpon yang ada di website mereka paling tidak 3 hari berturut – turut jika seandainya tidak nyambung atau tidak pernah di angkat, media email bisa juga tapi lebih menyakinkan jika lewat telpon. Jika selama 3 hari berturut – turut tidak nyambung sebaiknya urungkan saja niat anda untuk membeli atau menyewa.
2) Carilah yang berbadan hukum dan alamatnya jelas, website resmi untuk domain di Indonesia berakhiran co.id, karena domain.com dsb bisa dimiliki oleh semua orang.
contoh website domain resmi :
3) Minta bantuan sama Uncle Google.com, pada bagian search ketikan nama websitenya lengkap dengan extensionnya, misalnya abcdefweb.com , sebagai contoh dari kasus teman di indohoster.com anda bisa ketikkan di search google.com indohoster.com maka akan muncul keluhan – keluhan dan klaim dari konsumen yang sudah kecewa dengan layanan mereka dan lihat respon dari website mereka.
4) Jika berupa bisnis online investasi, sobat bisa pilih yang produknya bermanfaat dan biaya pendaftaran tidak mahal, untuk menghindari penipuan
Semoga cara sederhana ini bisa membantu anda untuk lebih hati – hati dalam membeli produk. Tapi tidak semua produk yang dijual itu penipuan, jika mereka menggunakan alat pembayaran yang terpercaya misalnya Paypal maka anda bisa minta refund jika produknya tidak ada dan lagi kita tidak bisa apa – apa seandainya yang menjual produk tersebut sudah meninggal dan hanya dia yang tahu seluk beluk websitenya.

0 komentar: